Menurut perusahaan riset aplikasi Business of Apps, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh netizen Indonesia di sepanjang tahun 2023.
Tercatat, platform video pendek yang berada di bawah naungan ByteDance ini telah diunduh sebanyak 67,4 juta kali di Indonesia sepanjang tahun lalu.
Berikutnya menyusul edit video gratis, CapCut berada di urutan kedua aplikasi terlaris di Tanah Air, yang diunduh sebanyak 53,9 juta kali pada 2023.
Lalu peringkat ketiga dan keempat ditempati oleh aplikasi Meta, yakni Facebook dan Instagram, yang masing-masing telah diunduh sebanyak 52,8 juta dan 50,5 juta kali sepanjang tahun lalu.
Selain itu, aplikasi kirim pesan dari Meta, WhatsApp, menduduki peringkat ke-6 dengan 38,6 juta kali unduhan. Sedangkan WhatsApp Business di peringkat ke-8 dengan total 28,1 juta kali unduhan pada tahun lalu.
10 Aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia pada 2023
Lengkapnya, berikut daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia pada 2023, menurut Business of Apps:
- TikTok: 67,4 juta kali unduhan
- CapCut: 53,9 juta kali unduhan
- Facebook: 52,8 juta kali unduhan
- Instagram: 50,6 juta kali unduhan
- Shopee: 42,5 juta kali unduhan
- WhatsApp: 38,6 juta kali unduhan
- DANA: 33 juta kali unduhan
- WhatsApp Business: 28,1 juta kali unduhan
- GoTube: 26 juta kali unduhan
- SHAREit: 25,5 juta kali unduhan
Dikutip dari websitenya, Business of Apps yang dioperasikan oleh Soko Media, adalah platform media dan informasi B2B terkemuka untuk industri aplikasi global. Situsnya menjangkau hingga 500 ribu pengguna setiap bulan dan telah menjadi sumber daya penting bagi pebisnis yang tengah membangun, memasarkan, hingga memonetisasi aplikasi seluler. (*)
Sumber data: Business of Apps
Tanggal rilis: 6 Februari 2024